Teknologi masa kini


img
Daily Mail

Aachen, Jerman - Mengemudi saat kemacetan paling tidak menyenangkan. Kaki pegal dan selalu membuat stres. Pabrikan mobil pun berupaya membuat perjalanan di kala macet makin menyenangkan.

Setelah Honda, Ford kini menawarkan sistem baru yang dinamai Traffic Jam Assist.

Dengan fitur ini, anda tinggal menekan tombol, dan biarkan mobil melaju sendiri, kaki Anda pun tidak perlu lagi menekan kopling, pedal rem, dan gas sementara tangan bebas dari kemudi. Jadi Anda tinggal santai saja menikmati kemacetan.

Fitur ini mati sendiri ketika kemacetan berlalu dan kendaraan melaju sekitar 30 mil per jam. Terlalu canggih? Tidak juga soalnya Ford menjanjikan dalam waktu tidak terlalu lama yakni 5 tahun, fitur ini bisa tersedia di beberapa model mobilnya.

Prototipe fitur ini tengah dites oleh Ford Eropa tepatnya di Aachen Jerman dan AS.

Bagaimana cara kerjanya?

Sistem ini menggunakan kamera dan radar yang ditempatkan di belakang kaca spion. Radar dan kamera ini seolah-olah membaca kondisi jalanan.

Sinyal itu kemudian dikirim ke otak CPU di mobil. Begitu sistem mendeteksi kemacetan, mobil akan bertanya--ya betul bertanya-- kepada pengemudi lewat voice command, apakah pengemudi tetap akan menyetir sendiri atau menyerahkan kontrol kemudi kepada sistem Traffic Jam Assist ini.

Jika jawaban pengemudi, iya, maka sistem ini akan mengambil alih fungsi pengendaraan mobil. Jangan khawatir mobil akan salah belok ketika mobil berada di tikungan, sistem ini menurut Ford sudah bisa mendeteksi berbagai rintangan dan jalur di jalan. Jadi mobil tetap bisa melaju dengan aman.

Direktur Pelaksana Ford Aachen, Pim van der Jagt menuturkan fitur ini tidak memiliki masalah.

"Itu bisa diterapkan sekarang, mobil tetap berada di tengah lajur, meski jalanan membelok. Mobil akan melaju, mengerem, dan mengemudi sendiri saat macet," ujarnya di Daily Mail.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.